Tips Agar Tidak Kena Diabetes dan Kolesterol di Usia Muda

Tips Agar Tidak Kena Diabetes dan Kolesterol di Usia Muda

Tips Agar Tidak Kena Diabetes dan Kolesterol di Usia Muda – Diabetes dan kolesterol tinggi perlu menjadi perhatian semua orang, termasuk usia muda. Pasalnya, berdasarkan data Sample Registration Survey pada tahun 2014, diabetes menempati peringkat ketiga penyebab kematian di Indonesia.

Persentasenya sebesar 6,7 persen, dibawah penyakit stroke (21,1 persen) dan penyakit janrung koroner (12,9 persen). Sementara itu, pada penduduk >15 tahun diperoleh hasil kolesterol total abnormal 35,9 persen, menurut dada Riskesdes.

Tips Agar Tidak Kena Diabetes dan Kolesterol di Usia Muda

Tidak ada cara lain untuk untuk menghindari diabetes dan kolesterol tinggi selain dengan menerapkan pola hidup sehat. Mungkin hal ini tidak mudah bagi Anda, apalagi jika sehari-harinya akrab dengan makanan cepat saji dan kebiasaan merokok.

Tapi, bukan berarti Anda tidak mungkin berhasil, kan? Berikut hal-hal yang harus Anda mulai perhatikan jika tidak ingin terkena dibetes dan kolesterol tinggi.

  • Hindari Gula dan Karbohidrat Refinasi

Asupan makanan tinggi gula dan karbohidrat refinasi bisa meningkatkan gula darah, yang kemudian beresiko mencetuskan diabetes di kemudian hari. Sedangkan agar tidak terserang kolesterol, Anda juga perlu menyingirkan gula dan karbohidrat rafinasi berlebihan. Seperti: nasi, tepung, roti, dan lain sebagainya.

  • Olahraga Rutin

Diabetes dan kolesterol sama-sama bisa dilawan dengan melakukan olahraga rutin. Sebuah studi mengungkapkan bahwa berolahraga bisa meningkatkan sensitivitas insulin Anda dan wanita yang aktif bergerak memiliki level HDL (kolesterol “baik”) yang lebih tinggi dibandingkan wanita sedenter.

  • Cukup Minum Air

Minumlah air putih dengan cukup di setiap harinya. Hindari minuman tinggi gula seperti gula karena bisa meningkatkan diabetes dan kadar kolesterol. Sejumlah studi menyatakan bahwa konsumsi air yang cukup bisa mengontrol kadar gula darah serta respons insulin.

  • Turunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda akan rentan untuk terkena berbagai penyakit, termasuk diabetes dan kolesterol. Satu studi menemukan bahwa ketika berat badan seseorang turun, maka risiko diabetes kadar kolesterol “jahat” pun ikut menjadi turun.

  • Berhenti merokok

Merokok hanyalah kenikmatan sesaat, dan Anda hanya akan menumpuk penyakit untuk di kemudian hari. Mungkin Anda sudah tahu bahwa kebiasaan merokok juga berhubungan dengan diabetes dan kolesterol. Untuk itu, berhentilah segera. Memang tidak mudah, tapi percayalah, Anda bisa melalui itu semua.

Meskipun usia masih muda, namun bukan berarti harus bersikap apatis terhadap kesehatan. Anda tentunya tidak mau kan, cita-cita terhambat akibat terkena diabetes dan kolesterol tinggi? Yuk, lawan keduanya dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat sejak dini!

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp