Tips Agar Nasi Tahan Lama dan Tidak Basi

Tips Agar Nasi Tahan Lama dan Tidak Basi

Tips Agar Nasi Tahan Lama dan Tidak Basi – Sebagai makanan pokok, nasi tentu harus selalu tersedia di rumah. Namun, apakah Anda pernah menemukan masalah saat menanak nasi?

Tips Agar Nasi Tahan Lama dan Tidak Basi

Nasi basi merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi saat menanak nasi. Teksturnya yang sangat lembek, bau tak sedap serta rasa yang berubah tentu membuat nasi tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca juga: Mata Minus Saya Sembuh Tanpa Operasi

Nah, agar bisa menghasilkan nasi yang sangat pulen dan tahan lama, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

1. Cuci beras dengan bersih

Salah satu penyebab nasi menjadi basi adalah kebersihan beras yang tidak terjaga. Sebaiknya, cuci beras lebih dari sekali, supaya bakteri dapat hilang dengan sempurna. Setidaknya, Anda dapat mencuci beras hingga 3x untuk mendapat beras yang bersih. Jangan lupa, gunakan wadah beras yang bersih!

2. Menyesuaikan takaran air dengan beras

Memeriksa takaran air sangat penting bagi kualitas nasi yang dihasilkan. Saat terlalu banyak memberi air, tekstur nasi justru akan menjadi lembek dan berair. Sehingga nasi bisa lebih cepat basi bahkan dalam hitungan jam. Jadi, pastikan takaran air dengan berasnya sesuai. Perhatikan pula jenis beras yang dimasak, karena setiap jenis beras mempunyai takaran yang berbeda-beda.

Baca juga: Ciri-ciri Mata Sudah Minus dan Butuh Pengobatan

3. Memberikan air perasan lemon pada nasi

Cara berikutnya agar nasi tidak cepat basi adalah dengan mencampurkan air perasan lemon ke dalam beras. Setelah selesai mencuci beras sampai bersih, Anda dapat mencampurkan sedikit perasan air lemon. Kira-kira ½ jeruk lemon untuk 1 kg beras.

Air perasan lemon diyakini bisa membuat nasi lebih tahan lama. Nasi yang dihasilkan pun akan lebih putih dan tak mudah lembek. Jadi, bisa menambah nafsu makan Anda!

4. Jangan hangatkan nasi terlalu lama

Saking sibuknya Anda, terkadang lupa sudah menghangatkan nasi terlalu lama di rice-cooker. Mengkonsumsi nasi yang hangat memang dapat membangkitkan selera. Namun sayangnya ada efek yang dimunculkan dari kebiasaan tersebut yaitu nasi bisa berubah warna dan berair sehingga bisa membuat kualitas nasi menurun.

Baca juga: Kandungan Daun Kelor Ini Sembuhkan Mata Minus

Bukannya enak disantap, malah menghilangkan nafsu makan, bukan? Karena itu, ada baiknya jangan menghangatkan nasi di rice-cooker terlalu lama.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat nasi menjadi lebih nikmat dan tahan lama. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp