Suasana Hati Sedang Buruk? Obati dengan Makanan Ini

Suasana Hati Sedang Buruk? Obati dengan Makanan Ini

Suasana Hati Sedang Buruk? Obati dengan Makanan Ini – Selain mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, makanan rupanya dapat memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Lantas, makanan seperti apa yang dapat membuat suasana hati membaik?

Suasana Hati Sedang Buruk? Obati dengan Makanan Ini

Makanan bisa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup yang tak sehat dan membuat stress. Misalnya, terlalu banyak konsumsi kafein bisa menyebabkan kurang tidur. Nah kurang tidur beresiko stress dan begitu seterusnya.

Sebaliknya, anda juga pasti sering mendengar ada beberapa makanan sehat yang dapat memberi efek menenangkan pada tubuh, benarkan? Lalu apa saja makanan yang bisa mengikis suasana hati negatif? Simak berikut ini.

Makanan yang mampu mengikis suasana hati negatif

Anda perlu tahu apa saja makanan yang dapat dikonsumsi untuk menenangkan hati yang sedang buruk. Beberapa makanan di bawah ini dapat dipilih sebagai pemberi efek positif untuk suasana hati Anda.

  • Pisang

Sejumlah kontribusi penting dari pisang di antaranya vitamin B6 dan asam amino triptofan. Vitamin B6 bisa mendukung proses pengubahan triptofan menjadj hormon serotonin. Hormon serotonin inilah yang bisa memperbaiki suasana hati. Tak heran bila triptofan kerap digunakan sebagai obat untuk meredakan depresi, kecemasan dan insomnia. Kandungan lainnya yang tak kalah penting dalam mengatasi stress atau kelelahan yaitu kalium.

  • Oatmeal

Oatmeal mengandung glikemik yang rendah sehingga membuat oatmeal bisa dijadikan makanan untuk mengatasi suasana hati yang sedang buruk.

Makanan rendah glikemik bisa melepaskan energi secara perlahan ke aliran darah. Hal ini akan membantu gula darah dan suasana hati jadi stabil. Oatmeal juga memiliki kandungan selenium yang efektif menjaga suasana hati lewat pengaturan Kelenjar tiroid.

  • Kacang lentil

Kacang lentil menjadi salah satu sumber karbohidrat kompleks. Sehingga dapat membantu tubuh untuk menambah produksi hormon serotonin, hormon yang mampu membuat anda merasa senang.

Kacang lentil juga bisa membantu anda menstabilkan kadar gula darah sehingga secara tak langsung juga bisa menstabilkan suasana hati.

Makanan ini juga diperkaya oleh kandungan folat dan bisa meningkatkan zat besi dalam tubuh. Meningkatnya kadar zat besi dalam tubuh bisa memberikan energi yang cukup, sehingga bisa menjaga suasana hati tetap stabil.

  • Yogurt

Vitamin D yang terkandung dalam yogurt bisa mencegah suasana hati menjadi buruk. Sumber Vitamin D yang paling bagus memang sinar matahari yang langsung menerpa kulit. Tapi, bila masih belum cukup, maka makanan yang mengandung vitamin D bisa dikonsumsi. Jangan sampai kekurang vitamin Ini.

Pasalnya, kekurangan vitamin D berhubungan dengan kondisi depresi. Vitamin D ini mempunyai fungsi mengefektifkan penyerapan kalsium. Kalsium adalah zat yang juga berperan menurunkan tingkat stress dan kecemasan.

  • Air

Siapa yang dapat menyangkal peran penting air untuk tubuh? Kekurangan air bahkan dalam jumlah yang sedikit saja dapat mengganggu kesehatan fisik dan juga mental seseorang. Kekurangan air juga dapat beresiko mengurangi kemampuan berkonsentrasi. Siapa yang bisa mempertahankan ketenangan suasana hati bila tak bisa berkonsentrasi dengan baik?

Waktu makan juga harus disesuaikan

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, cara makan berikut ini dianggap mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

# Makan Tepat Waktu

Sesibuk apapun aktivitas sehari-hari, jangan sampai melewatkan makan, terutama sarapan. Bila Anda pergi tanpa sarapan, itu artinya Anda memulai hari tanpa bahan bakar yang dapat diubah menjadi energi.

Makan tepat waktu mencegah suasana hati menjadi buruk akibat didera rasa lapar.

# Mengetahui Makanan yang Perlu Dihindari

Beberapa makanan bernutrisi bisa membuat gula darah naik dan turun secara tak terkendali. Supaya terhindar dari kondisi tersebut, coba kurangilah asupan seperti permen, sirup, soda dan selai karena beresiko menyebabkan gula dalam darah naik dan turun dengan sangat cepat. Efek yang serupa bisa juga disebabkan oleh roti putih, nasi putih dan kerupuk.

# Makan dengan Frekuens yang Cukup

Supaya kadar gula darah tetap stabil, makanlah dalam jarak yang cukup. Makanlah tiap 4-5 jam. Makan secara teratur dapat menjaga tubuh tetap terpasok oleh energi sehingga suasana hati pun tetap terjaga.

Sekarang Anda sudah tak bingung lagi kan, menghadapi suasana hati yang buruk? Cukup makan makanan yang telah disebutkan tadi, maka suasana hati yang negatif pun bisa menjauh dari hidup Anda, selamat mencoba.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp