Penyebab Mata Berlemak

Penyebab Mata Berlemak

Penyebab Mata Berlemak – Saat mendengar tentang mata berlemak, banyak orang yang mengira bahwa hal ini adalah suatu keadaan di mana area sekitar mata atau bagian kantung mata mengandung lemak. Mata berlemak sendiri berbeda dari kondisi tersebut karena pada dasarnya mata berlemak ini merupakan salah satu jenis penyakit mata yang langka tapi berbahaya.

Penyebab Mata Berlemak

Dalam ilmu kedokteran, mata berlemak bisa dipicu oleh sejumlah faktor dan untuk mengatasinya, tentu penting untuk mengidentifikasi penyebab mata berlemak terlebih dulu. Kebutaan bisa menjadi akibat dari mata berlemak yang tidak segera diatasi dengan benar.

Sampai saat ini, penyebab di balik mata berlemak memang belum diketahui secara pasti. Tapi kondisi ini lebih banyak terjadi pada mereka yang sering melakukan aktivitas luar ruangan. Selain itu, mata berlemak juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Pterygium

Pterygium merupakan kondisi gangguan kesehatan mata di mana tandanya adalah adanya pertumbuhan selaput yang menutupi pada bagian putih bola mata. Keadaan seperti ini bisa terjadi di salah satu atau kedua-duanya dan sebenarnya tidak ada risiko kanker yang perlu dikhawatirkan.

Pemicu dari pterygium yang bisa mengakibatkan mata berlemak ini belum pasti diketahui, tapi memang kondisi ini jauh lebih sering terjadi pada orang-orang dengan aktivitas segudang di luar ruangan.

  1. Pinguecula

Pinguecula juga termasuk kemungkinan penyebab mata berlemak dengan sifat non-kanker di mana ini merupakan tumbuhnya selaput lendir yang kemudian menjadi pelapis bola mata. Tidak hanya di bola mata saja, lapisan ini pun terbentuk di dalam kelopak mata bawah atau konjungtiva. Untuk gejalanya, mata berlemak akan menimbulkan bintik kekuningan.

Pemicu dari faktor penyebab mata berlemak ini belum diketahui pasti sama hal nya seperti pterygium, namun hanya saja diduga memang iritasi pada matalah yang membuat kondisi ini makin berkembang secara mudah.

  1. Iritasi Kronis

Penyebab dari mata berlemak bukan karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh atau makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Mata berlemak bisa terjadi akibat dari iritasi kronis yang disebabkan oleh paparan sinar matahari atau UV dan angin maupun polusi.

Bahaya sinar matahari di siang hari sangat besar, selain bisa menyebabkan kulit kusam dan gelap, mata pun juga bisa terkena iritasi yang berujung pada mata berlemak. Ingat bahwa radiasi ini bukanlah hal sepele karena bisa memicu kerusakan mata hingga kulit.

  1. Iklim Hangat

Faktor satu ini menjadi salah satu hal yang jelas memengaruhi pada kesehatan mata, khususnya menjadi faktor timbulnya mata berlemak. Tak diragukan lagi, orang-orang yang tinggal di daerah beriklim hangat serta banyak menghabiskan waktu di luar akan sering terkena oleh paparan angin dan matahari.

  1. Faktor Usia

Mata berlemak juga bisa terjadi karena faktor usia seseorang di mana biasanya orang-orang dengan usia antara 20-50 tahunlah yang paling rentan terkena mata berlemak. Sebab pada usia tersebut termasuk pada usia produktif, maka banyak aktivitas yang kiranya mendukung terjadinya mata berlemak.

  1. Faktor Jenis Kelamin

Jenis kelamin memang bukan penyebab langsung dari terjadinya mata berlemak, namun kita tahu bahwa kondisi kesehatan tertentu pasti ada faktor risiko. Seperti pada kasus mata berlemak, hal ini justru lebih kerap terjadi pada laki-laki daripada perempuan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai kemungkinan penyebab mata berlemak. Pengecekan kesehatan mata secara rutin amat dianjurkan agar jika ada masalah dapat segera teratasi sebelum menjadi lebih serius dan susah ditangani.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp