Hindari 8 Kebiasaan Ini Agar Gula Darah Tidak Naik

Hindari 8 Kebiasaan Ini Agar Gula Darah Tidak Naik

Hindari 8 Kebiasaan Ini Agar Gula Darah Tidak Naik – Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes. Ada 2 tipe diabetes yaitu tipe 1 yang disebabkan karena rusaknya pankreas. Biasanya terjadi di usia anak-anak. Sementara diabetes tipe 2 yang disebabkan karena pola hidup yang tak sehat.

Hindari 8 Kebiasaan Ini Agar Gula Darah Tidak Naik

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, sekitar 1 dari 4 orang berisiko diabetes. Sebenarnya kita dapat menghindari resiko tersebut dengan mengubah pola hidup. Mulailah dengan menghindari 8 kebiasaan berikut ini:

  • Merokok

Menurut beberapa studi, merokok bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap insulin, hormon yang menjaga kadar gula darah tetap normal.

  • Penggunaan Obat-obatan Rekreasional

The Global Diabetes community mencatat, stimulasi obat-obatan rekreasional tertentu bisa meningkatkan level gula darah. Bila dikonsumsi secara rutin, level gula darah yang tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin serta diabetes tipe 2.

  • Pemakaian obat-obatan tertentu

Menurut GlobalRPH, steroid, obat anti adhd, anti psikoti, beberapa obat asma dan obat lainnya dapat memicu peningkatan gula darah. Tapi, obat-obatan tersebut dipkai untuk keperluan kesehatan juga. Jadi, cobalah berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsinya.

  • Stres kronis

Periode emosional dan stress fisik berkepanjangan dapat menyebabkan kenaikan level gula darah. Menurut pusat belajar diabetes di University of San Fransisco, saat tubuh merespons stres, gula dilepaskan kedalam darah untuk membantu supaya energi dalam tubuh mencukupi. Jadi, stress akan membuat gula darah naik dan lebih susah untuk dikontrol.

  • Pola makan

Mengonsumsi makanan dengan kadar gula darah yang tinggi seperti karbohidrat bisa berdampak signifikan terhadap berat badan dan juga resiko diabetes.

Jadi, Anda harus bisa membatasi asupannya. Asupan karbohidrat seperti nasi, roti putih dan mi bisa Anda ganti dengan karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lambat.

  • Kurang melakukan olahraga

Seseorang yang jarang gejak cenderung tidak dapat mengontrol tingkat gula darah dalam tubuhnya. Jenis olahraga yang dilakukan pun cukup berpengaruh. Disarankan untuk menggabungkan olahraga ketahanan dan olahraga resistensi. Olahraga interval instensitas tinggi ( HIIT ) juga dinilai dapat menurunkan resiko diabetes pada orang dewasa.

  • Kolesterol tinggi

Level kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dapat menyebabkan gula darah meningkat. Sedangkan level kolesterol baik (HDL) yang rendah juga dapat meningkatkan resiko diabetes. Maka dari itu, penting untuk mengecek kadar kolesterol dalam tubuh dan pastikan Anda menerapkan gaya hidup sehat agar kolesterol tetap diangka normal.

  • Mengabaikan gejala pre diabetes

Pre diabetes bisa diartikan sebagai kondisi di mana kadar gula darah cukup tinggi atau diatas normal namun tak memenuhi kriteria diabetes.

Meski mayo clinic menjelaskan minimnya gejala spesifik pre diabetes, tapi dalam beberapa kasus, mereka yang masuk ke dalam kategori pre diabetes bisa mengalami intensitas buang air kecil yang lebih sering, ada bercak kecoklatan di kulit dan sering merasa haus. Jika Anda mengalami gejala tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp