Cara Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi dengan Buah Bit

Cara Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi dengan Buah Bit

Cara Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi dengan Buah Bit – Hingga saat ini, tekanan darah tinggi atau hipertensi masih menjadi tantangan besar di Indonesia. Betapa tidak, tekanan darah tinggi adalah kondisi yang paling sering ditemukan di pelayanan kesehatan primer.

Perlu Anda ketahui jika kondisi ini tidak segera diobati, maka lama-kelamaan bisa timbul berbagai komplikasi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk segera melakukan pengobatan terhadap hipertensi. Jika Anda merasa belum memerlukan obat-obatan, namun memang punya masalah dengan tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi buah bit merah (beetroot).

Umbi berwarna merah ini ternyata mempunyai kemampuan untuk mengontrol kondisi tekanan darah tinggi. Sejak abad pertengahan, buah bit telah digunakan banyak orang untuk menyembuhkan beberapa penyakit terutama yang berhubungan dengan darah dan pencernaan.

Berbekal dari pengetahuan tersebut maka dilakukan lah berbagai penelitian. Guna untuk membuktikan bahwa buat bit merah bisa digunakan untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Para peneliti menemukan jika dengan mengkonsumsi 1 gelas jus bit (250 ml) dalam sehari bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi secara signifikan.

Hal itu terjadi karena bit diketahui mengandung zat yang bernama nitrat, yang bisa diubah menjadi NO (nitrit oksida) di dalam tubuh, yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah. Jika pembuluh darah melebar, maka otomatis tekanan darah pun akan menurun.

Para pasien darah tinggi yang mengonsumsi jus bit tercatat mengalami peningkatan pelebaran pembuluh darah sebesar 20 persen. Kekerasan pembuluh darahnya pun menjadi berkurang sebanyak 10 persen. Efek tersebut diperoleh setelah mereka meminum 1 gelas jus bit setiap hari selama minimal 4-8 minggu.

Dari hasil penurunan tekanan darah tersebut, para pasien yang meminum jus bit juga mengalami penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Dari setiap penurunan 2 mmHg tekanan darah, risiko kematian akibat serangan jantung pun menurun sebesar 7 persen, sedangkan risiko stroke menurun sebanyak 10 persen.

Beberapa penelitian sejauh ini menemukan jika pigmen merah betasianin dan antioksidan di dalam buah bit diuga memainkan peran dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

Manfaat buah bit memang sangat beragam dan sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Tapi, berbagai manfaat tersebut masih memerlukan bukti dan penelitian yang lebih lanjut.

Meskipun buah bit mempunyai segudang khasiat, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi bit dalam jumlah yang besar. Sebab, terlalu banyak mengkonsumsi buah bit justru bisa menurunkan kadar kalsium di dalam tubuh, merusak ginjal, bahkan bisa memperparah penyakit ginjal.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp