Berbagai Penyebab Ejakulasi Dini & Cara Pencegahannya

Berbagai Penyebab Ejakulasi Dini & Cara Pencegahannya

Berbagai Penyebab Ejakulasi Dini & Cara Pencegahannya – Ejakulasi dini merupakan kecenderungan orgasme yang terjadi terlalu cepat di luar keinginan, dan biasanya terjadi dengan rangsangan seksual minimal baik sebelum ataupun sesaat setelah penetrasi seksual.

Ejakulasi dini menjadi keluhan seks yang paling umum dilaporkan oleh hampir sebagian besar pria, setidaknya 1 dari 3 pria pernah mengalaminya dalam seumur hidup.

Berbagai Penyebab Ejakulasi Dini & Cara Pencegahannya

Meski tidak ada batas waktu yang tepat untuk mendefinisikan secepat apa terjadinya ejakulasi dapat disebut dini, namun sebagaian besar pakar mengartikannya sebagai pencapaian klimaks yang berlangsung setelah kurang dari 2 menit.

Ejakulasi dini bisa menyebabkan seks yang tidak memuaskan bagi kedua pasangan. Dimana hal ini bisa meningkatkan kecemasan yang mungkin memperparah masalah.

Lantas, apa Penyebab Ejakulasi Dini tersebut?

Terdapat banyak penyebab dari ejakulasi dini, tapi yang utama adalah karena faktor psikologis dan fisik. Masalah psikologis dapat berupa gangguan kecemasan, stres, dan depresi.

Sedangkan faktor fisik yang bisa menyebabkan ejakulasi dini adalah ganggaun prostat dan tiroid. Selain itu, ejakulasi dini juga bisa disebabkan oleh efek samping dari konsumsi obat-obatan terlarang.

Sebenarnya, sulit untuk menentukan akar penyebab dari ejakulasi dini. Apakah itu disebabkan oleh faktor psikologis, faktor fisik, atau justru kombinasi dari keduanya. Ejakulasi dini bisa melibatkan interaksi yang kompleks dari faktor psikologis dan fisik.

Oleh sebab itu, pada saat berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini, maka ia akan mendiskusikan kehidupan seksual Anda. Selain bertanya tentang kehidupan seks, dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda dan mungkin melakukan pemeriksaan fisik.

Jika Anda mengalami ejakulasi dini kemudian sulit mendapatkan atau mempertahankan ereksi, maka dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk memeriksa tingkat testoteron Anda atau tes lainnya.

Apa yang bisa dilakukan untuk Mencegah Ejakulasi Dini?

Sebagian besar kasus ejakulasi dini bisa dicegah dengan cara memperbaiki komunikasi interpersonal dan bersikap terbuka dengan pasangan. Tindakan itu membuat kedua belah pihak tau apa yang diharapkan dari masing-masing di dalam suatu hubungan intim. Pihak pria juga akan lebih percaya diri dalam melakukannnya.

Cara lain untuk mencegah ejakulasi dini yaitu dengan cara melatih otot-otot rongga panggul, melalui latihan kegel, dan mempunyai waktu tidur malam yang cukup berkualitas. Sebab jika Anda kurang waktu tidur bisa menurunkan kadar sterotonin otak sehingga ejakulasi pun bisa terjadi lebih cepat.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp