7 Cara Menurunkan Angka Kolesterol Jahat

7 Cara Menurunkan Angka Kolesterol Jahat – Kolesterol adalah substansi yang diperoleh dari organ hati dan terbentuk dari makanan hewani seperti daging, telur dan susu.

7 Cara Menurunkan Angka Kolesterol Jahat

Sebenarnya kolesterol ini terbagi 2 tipe, yaitu kolesterol HDL (kolesterol baik yang memberi manfaat baik untuk tubuh) dan kolesterol LDL (kolesterol yang teroksidasi dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke).

Meski setiap orang memiliki kadar LDL, namun Anda harus memerhatikan pula agar kadar kolesterol tersebut tidak cepat naik. Ini dia 7 langkah cermat, yang bisa turunkan kolesterol LDL.

7 Cara Menurunkan Angka Kolesterol Jahat

1. Kaya Serat Larut

Buah apel, kacang-kacangan, biji-bijian dan sitrus merupakan makanan kaya serat larut atau Soluble fiber.

Pada dasarnya, tubuh manusia jika kekurangan enzim yang cukup akan menghancurkan serat larut.

Sehingga makanan tersebut akan masuk ke dalam saluran pencernaan, menyerap air hingga membentuk pasta.

Selama perjalanan itu, serat larut akan menyerap cairan empedu untuk menghancurkan lemak dan kemudian dikeluarkan melalui kotoran.

Hal ini tentu akan membuat hati memproduksi lebih banyak cairan empedu, agar bisa menarik kolesterol dari pembuluh darah. Dan hal ini pula, akan membuat angka kolesterol dalam tubuh menjadi turun secara alami.

2. Sayur dan Buah

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau adalah cara yang tepat, untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat didalam tubuh.

Sejumlah studi menunjukan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi sedikit 4 porsi buah dan sayuran setiap hari, ternyata mampu menurunkan 6% kolesterol LDL ketimbang mereka yang kurang mengkonsumsi dari 2 porsi perhari.

3. Herbal dan Rempah

Herbal dan rempah merupakan nutrisi yang mengandung mineral, vitamin dan antioksidan.

Studi menyebutkan bahwa rempah seperti kunyit, jahe dan bawang putih secara efektif mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 9% jika dikonsumsi secara rutin.

4. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Lemak memang terbagi 2 jenis yaitu lemak tak jenuh dan jenuh. Menurut penelitian, mereka yang mengkonsumsi lebih banyak tak jenuh dan lebih sedikit lemak jenuh cenderung memiliki tingkat kolesterol lebih rendah.

Anda bisa mendapatkan lemak tak jenuh ini pada makanan sepertu minyak ikan, kacang-kacangan, buah zaitun dan alpukat.

5. Hindari Lemak Trans

Umumnya, lemak trans ini secara alami bisa didapatkan pada produk susu dan daging merah. Namun kini banyak restoran, yang memproses makanan tersebut menjadi lemak trans buatan.

Tahukah kamu? Lemak trans buatan ini, memang diproduksi dengan menghidrogenasi (menambah hidrogen) seperti lemak tak jenuh dari minyak sayur. Sehingga bisa mengubah struktur dan membuat mereka lebih solid pada suhu ruangan.

Selain itu, lemak trans buatan ini akan membuat lemak jenuh lebih banyak hingga bila dikonsumsi akan berpotensi meningkatkan kolesterol LDL serta menurunkan kolesterol HDL.

6. Hindari Gula Tambahan

Seperti yang kita ketahui, jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi gula tambahan tentu akan membuat kadar kolesterol menjadi meningkat.

Bahkan salah satu studi pun mengatakan, jika orang dewasa sering mengalami peningkatkan kolesterol LDL sampai 17% yang disebabkan karena berasal dari minuman yang mengandung sirup fruktosa jagung tinggi.

7. Minum Teh Hijau

Dari 14 studi yang meneliti teh hijau, kurang lebih ditemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau setiap harinya dapat menurunkan kolesterol sebanyak 7 mg/dL dan kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL.

Hal itu terjadi karena disebabkan teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga mampu mencegah terjadinya oksidasi pada kolesteol LDL dan pembentukan plak pada dinding arteri.

Itulah 7 Cara Menurunkan Angka Kolesterol Jahat didalam tubuh. Pastikan, perhatikan pula langkah-langkah ini dengan baik supaya angka kolesterol Anda tetap dalam keadaan stabil. Semoga bermanfaat 🙂

Posted by : ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp