6 Minuman Pereda Asam Lambung Tinggi

6 Minuman Pereda Asam Lambung Tinggi

6 Minuman Pereda Asam Lambung Tinggi – Selain mengatasi asam lambung dengan obat-obatan, ternyata mengonsumsi minuman tertentu juga bisa memberi manfaat yang baik ketika tubuh sedang mengalami asam lambung.

Biasanya, penderita asam lambung lebih enggan untuk makan maupun minum, karena merasa sakit atau sesak di area kerongkongan sampai dada. Padahal dengan memilih jenis minuman yang tepat, berbagai gejala asam lambung seperti nyeri dan reaksi lainnya dapat ditekan.

6 Minuman Pereda Asam Lambung Tinggi

Minuman bisa menjadi pilihan yang tepat karena cenderung mudah diserap dan dapat membantu mengontrol produksi cairan asam di lambung. Nah, berikut 6 minuman yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika asam lambung tinggi.

  • Susu Hewani Rendah Lemak

Susu adalah salah satu minuman dengan kadar keasaman basa. Sehingga cocok dikonsumsi ketika asam lambung sedang naik. Susu yang disarankan yaitu susu yang kandungan lemaknya rendah. Pasalnya, susu rendah lemak cenderung mudah diserap, tidak memperberat pencernaan serta tidak memudahkan katup di kerongkongan sehingga bisa mencegah kenaikan asam lambung.

  • Susu Nabati

Susu dari kacang-kacangan seperti susu kacang mete atau susu almond terbukti efektif meredakan asam lambung dan tak memperberat pencernaan karena kandungan lemaknya rendah.

  • Air Putih

Minum air putih dalam jumlah yang cukup bisa membantu mencegah terjadinya penyakit asam lambung. Minum air putih ketika asam lambung sedang naik juga bisa membantu menghidrasi tubuh, tapi tak banyak mengurangi gejala nyeri yang dirasakan oleh tubuh.

Ketika sedang kambuh, lebih baik konsumsi air putih dalam porsi kecil. Jangan konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak secara sekaligus, karena justru akan menyebabkan refluks lambung.

  • Air Kelapa

Mengonsumsi air kelapa ketika asam lambung sedang naik bisa mendukung kadar keasaman lambung yang lebih netral. Hal ini tentu sangat baik untuk mencegah produksi asam lambung berlebih atau mencegah terjadinya refluks lambung.

  • Teh Herbal

Teh herbal yang terbuat dari akar manis atau chamomile adalah jenis teh yang bisa meningkatkan produksi lapisan lendir esofagus. Hal ini cukup baik untuk melindungi lapisan esofagus dari asam lambung yang dapat mengiritasi dan memunculkan nyeri. Anda bisa membuat teh akar manis atau teh chamomile sebanyak 2-3 cangkir sehari.

  • Jus atau Smoothie dari buah dan sayur

Jus atau smoothie dari beberapa buah dan sayur juga termasuk jenis minuman yang efektif mencegah sekaligus mengatasi asam lambung. Namun perhatikan jenis buah dan sayur yang disarankan untuk penderita asam lambung. Jangan pilih buah atau sayur yang asam. Pilihlah sayur berdaun hijau gelap dan buah-buahan seperti pir dan semangka.

Itulah 6 Minuman Pereda Asam Lambung Tinggi yang bisa Anda pilih dan konsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua yang sudah menyimaknya.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp