6 Kebiasaan Makan Pemicu Diabetes

6 Kebiasaan Makan Pemicu Diabetes

6 Kebiasaan Makan Pemicu Diabetes – Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut bahwa pola makan yang tidak sehat biasa menjadi pemicu utamanya.

6 Kebiasaan Makan Pemicu Diabetes

Memang, kebiasaan mengonsumsi makanan manis atau tinggi gula sampai saat ini masih menjadi pemicu utama dari penyakit diabetes.

Akan tetapi, pakar kesehatan juga menyebutkan ada beberapa kebiasaan makan lain yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes, seperti berikut ini:

1. Kadar Gizi tidak Seimbang

Jika kita terbiasa makan dengan nasi yang berjumlah banyak, kurang mengonsumsi serat dari sayuran, serta jarang mengonsumsi protein tanpa lemak. Maka risiko untuk mengalami kenaikan kadar gula darah akan menjadi meningkat dengan signifikan.

Banyak orang yang berpikir bahwa jika makan nasi dalam jumlah banyak akan menyediakan energi yang besar. Padahal justru tubuh akan teruras energi di dalam nya demi mencerna makanan tersebut dan membuat kita lebih muda lelah atau mengantuk.

2. Terlalu sering Mengonsumsi Daging

Memang, daging-dagingan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dengan rasa yang nikmat. Tapi terlalu sering mengonsumsinya justru akan membuat risiko diabetes meningkat.

Hal tersebut disebabkan karena kebiasaan sering mengonsumsi daging yang akhirnya menurunkan senstivitas insulin di dalam tubuh.

3. Terbiasa Makan terlalu Larut

Kebiasaan makan terlalu larut tidak hanya akan membuat waktu tidur menjadi tidak nyaman, namun juga bisa membuat kadar gula darah cenderung meningkat dengan signifikan.

Selain itu, makan terlalu larut malam juga bisa meningkatkan berat badan. Padahal, jika sampai berat badan naik, maka risiko untuk terkena diabetes pun akan ikut meningkat.

4. Malas Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah memang mempunyai rasa yang kurang menarik jika dibandingkan dengan makanan-makanan yang kaya akan protein atau lemak. Hal itu membuat banyak orang malas untuk mengonsumsinya.

Padahal, selain mempunyai serat yang sangat penting bagi kesehatan saluran pencernaan, sayur dan buah juga kaya akan kandungan lain yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Sering mengonsumsi Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kandungan kadar lemak jenuh tinggi layaknya gorengan atau makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko untuk terkena resitensi insulin yang merupakan kondisi penyebab utama diabetes.

6. Sering mengonsumsi Camilan dengan Bahan Dasar Terigu

Cukup banyak jenis camilan yang terbuat dari bahan dasar terigu yang dijual di pasaran. Sebagai contohnya yaitu roti putih atau biskuit yang terbuat dari bahan dasar ini.

Rasanya yang nikmat membuat orang sering mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut kebiasaan ini dapat memicu resitensi insulin yang tentunya akan meningkatkan risiko diabetes.

Selain enam kebiasaan makan diatas, kita juga sebaiknya menurunkan asupan minuman manis atau minuman yang di dalam nya diberi tambahan gula demi mencegah penyakit diabetes.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp