5 Minuman yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

5 Minuman yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

5 Minuman yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung – Saat Anda terkena asam lambung, itu artinya Anda perlu mengatur pola makan dengan sebaik mungkin. Karena salah memilih makanan dapat membuat gejala asam lambung kian kambuh.

Tidak hanya memilih jenis makanan yang baik untuk asam lambung, namun Anda juga perlu tau minuman apa saja yang boleh dan yang perlu dibatasi agar asam lambung tidak naik.

Kabar baiknya, ada beberapa minuman yang aman diminum untuk penderita asam lambung dan ampuh meredakan gejalanya.Lantas, apa saja minuman yang baik dikonsumsi untuk asam lambung? Baca terus ulasan ini hingga tuntas ya!

5 Minuman yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

Berikut adalah berbagai jenis minuman untuk asam lambung yang terbukti bisa mengurangi gejala, di antaranya:

  • Susu Rendah Lemak atau Susu Skim

Biasanay penderita asam lambung tidak dianjurkan minum susu sapi sebab susu sapi itu mengandung lemak yang tinggi sehingga sulit untuk dicerna. Selain itu, kandungan lemak dalam susu sapi juga bisa melunakkan katup atau sfingter esofagus serta membuka jalan bagi asam lambung naik ke kerongkongan.

Jika Anda tetap ingin minum susu sebagai asupan sehat harian, pilihlah susu rendah lemak atau susu skim agar lebih mudah dicerna. Dengan demikian, katup kerongkongan akan tetap aman ketika menahan asam lambung naik.

  • Teh Herbal

Minuman sehat satu ini akan membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. Tapi, sayangnya tidak semua jenis teh herbal boleh dikonsumsi.

Anda wajiba menghindari teh herbal yang di dalam nya mengandung kafein. Pilihlah yang bebas kafein seperti teh chacomile dan licorice. Sebab kedua jenis teh ini bisa meningkatkan lendir di esofagus sehingga Anda akan terlindungi dari iritasi akibat asam lambung.

Baca Juga : Obat Herbal Mata Minus

  • Jus Buah

Buah-buahan dengan rasa asam seperti: jeruk atau nanas merupakan buah yang sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Karena buah tersebut bisa meningkatkan asam lambung.

Jus buah yang bisa Anda konsumsi yaitu buah bit, pisang, semangka, dan buah pir. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikan jus buah dengan sayuran seperti: bayam, wortel, mentimun, atau lidah buaya.

  • Jahe Hangat

Jahe memiliki efek gastroprotektif yang bisa menghambat asam dan menekan bakteri helicobacter pylori. Selain itu, jahe juga bisa merangsang produksi air liur serta membersihkan asam yang berada di dalam kerongkongan.

Caranya Anda bisa mencampurkan parutan jahe ke dalam air hangat dan tambahkan madu secukupnya. Jika Anda mengonsumsi jahe hangat secara rutin, maka rasa mual akibat asam lambung tidak akan Anda rasakan lagi.

Baca Juga : Khasiat Daun Kelor untuk Mata Minus

  • Air Kelapa

Selain dikenbal sebagai isoton alami, air kelapa juga berkhasiat untuk mengatasi ketidaknyaman yang disebabkan oleh naiknya kadar asam lambung.

Air kelapa mengandung kalium yang bermanfaat untuk membuat tingkat asam di dalam tubuh menjadi basa. Sehingga bisa menetralisir asam lambung yang berlebihan.

Itulah 5 minuman yang bisa mengurangi gejala asam lambung. Jika Anda mengalami gejala asam lambung yang berkelanjutan, maka Anda perlu segera melakukan pengobatan dengan cepat.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp