5 Jenis Buah untuk Darah Tinggi

5 Jenis Buah untuk Darah Tinggi – Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang diindikasikan sebagai penyebab kematian seseorang secara diam-diam. Begitu dengan manjaga dan membatasi asupan garam adalah salah satu langkah penting untuk mencegah penyakit ini muncul.

5 Jenis Buah untuk Darah Tinggi

Namun hal itu bukanlah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan, untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Dengan menerapkan pola makan sehat, kondisi hipertensi bisa terkendalikan dengan cepat.

Banyak orang yang menyebutkan, seledri dan timun merupakan salah satu sayuran yang telah terbukti mampu menormalkan kembali tekanan darah. Akan tetapi, 5 buah-buahan ini juga bisa mengontrol dan menurunkan tekanan darah Anda loh.

5 Jenis Buah untuk Darah Tinggi

1. Semangka

Semangka merupakan buah yang memiliki kadar air banyak. Selain itu, didalamnya terdapat kandungan magnesium dan kalium yang terbukti ampuh dan memberi manfaat baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Oxford University Press, menunjukan bahwa mengkonsumsi semangka pada orang hipertensi dan obesitas mampu mengurangi tekanan darahnya biak itu di angka sistol maupun diastole.

2. Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang kaya kandungna kalium. Kalium sendiri merupakan salah satu nutrisi penting, yang diperlukan oleh tubuh untuk menyerap kadar natrium dalam darah.

Bila asupan ini tercukupi, tentu akan memberikan manfaat baik salah satunya dapat menurunkan atau mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Agar Anda bisa merasakan hasil yang lebih, pastikan tidak mengkonsumsi pisang ini dengan cara digoreng ya. Tetapi, jadikan sebagai makanan smoothies pisang yang segar.

3. Kiwi

Salah satu studi mengatakan, bahwa mengkonsumsi 3 buah kiwi dalam sehari terbukti ampuh menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Mengapa demikian? karena buah ini mengandung zat aktif seperti kalium, folat, mineral dan cairan tinggi yang dapat mengontrol kembali tekanan darah dalam tubuh.

4. Anggur

Begitu pula dengan buah anggur, ia juga memiliki kandungan antioksidan dari polifenol.

Dibantu dengan kandungan serat yang cukup tinggi, menjadikan buah anggur ini bisa melawan indrom metabolik yang salah satu tanda tekanan darah seseorang tidak terkontrol.

Agar bisa terkontrol dengan baik, sebaiknya Anda konsumsi buah anggur sebanyak 60-80 gram secara rutin.

5. Berry

Buah berry memang bermacam-macam yaitu blueberry, blackberry dan stroberry.

Ke-3jenis buah berry ini terbilang aktif dalam menurunkan tekanan darah tinggi lantaran mengandung antioksidan jenis antosianin.

Konon, antosianini ini merupakan pigmen pemberi warna yang cukup efektif bisa meredakan dan menstabilkan kembali tekanan darah yang tinggi.

Untuk memastikan itu semua, Anda bisa mengkonsumsi buah berry ini sebanyak 60-90 gram perhari.

Nah, itu dia 5 jenis buah yang bisa konsumi secara rutin untuk mengontrol tekanan darah Anda. Semoga bisa membantu 🙂

Posted by : ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp