4 Penyakit Mata Akibat Gula Darah Tinggi

4 Penyakit Mata Akibat Gula Darah Tinggi

4 Penyakit Mata Akibat Gula Darah Tinggi – Diabetes adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Salah satu hal berbahaya yang menjadi dampak dari diabetes ini adalah penyakit mata.  Sering kali, kerusakan pada mata akibat diabetes baru diketahui saat komplikasi telah terjadi.

4 Penyakit Mata Akibat Gula Darah Tinggi

Dengan kadar gula di dalam tubuh yang sangat tinggi, penderita diabetes sangat rawan terkena penyakit mata akibat diabetes. Jenis-jenis penyakit mata itu antara lain:

1. Pandangan Kabur

Salah satu penyakit mata akibat diabetes yaitu pandangan kabur. Dengan kadar gula di dalam tubuh yang tinggi dapat mengakibatkan lensa pada mata menjadi bengkak dan mengganggu kemampuan penderita untuk melihat.

2. Retinopati

Kadar gula darah di dalam tubuh yang tinggi juga dapat mengakibatkan rusaknya pembuluh darah yang memasok darah ke dalam retina.

Retina memerlukan pasokan darah terus menerus untuk bisa melihat dengan baik. Dan jika pembuluh darah itu rusak maka bisa mengakibatkan pendarahan di mata dan mengakibatkan kebutaan.

3. Glaukoma

Penyakti mata akibat diabetes lainnya yaitu glaukoma. Glaukoma ini terjadi ketika cairan yang terdapat di dalam mata tidak bisa terdistribusi dengan baik, dan pada akhirnya mengakibatkan cairan itu menumpuk.

Hal tersebut membuat saraf dan pembuluh di mata akan rusak akibat tertekan cairan yang menumpuk tersebut dan mengakibatkan gangguan pada penglihatan.

4. Katarak

Diabetes juga membuat kadar gula di dalam lensa mata menjadi ikut naik. Dimana kadar gula yang naik ini membuat zat sorbitol ikut menjadi naik dan menumpuk di lensa. Hal itulah yang membuat lensa mata menjadi kurang jernih dan terjadi kelainan pada mata.

Baca Juga : Khasiat Daun Kelor untuk Mata Minus

Keempat penyakit di atas merupakan komplikasi mata yang paling sering muncul pada penderita diabetes. Semua penyakit tersebut bisa diobati sebelum penderita mengalami kehilangan penglihatan secara keseluruhan.

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari komplikasi mata adalah dengan cara melakukan pemeriksaan secara rutin. Kunjungi dokter mata Anda, minimal satu tahun sekali guna untuk memastikan bahwa mata Anda dalam keadaan sehat.

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp