10 Buah untuk Penderita Darah Tinggi

10 Buah untuk Penderita Darah Tinggi

10 Buah untuk Penderita Darah Tinggi – Darah tinggi merupakan keluhan kesehatan yang cukup banyak diderita pria maupun wanita yang disebabkan karena sejumlah faktor. Salah satunya yaitu karena pola makan yang sangat buruk.

10 Buah untuk Penderita Darah Tinggi

Jadi, jika Anda tak ingin mengalami darah tinggi sebaiknya jaga pola makan dengan baik. Dan bila Anda terlanjur memiliki darah tinggi, sebaiknya Anda mencari cara untuk menurunkannya. Salah satu cara menurunkan darah tinggi ternyata bisa dengan mengonsumsi buah-buahan.

Tapi ingat, tidak semua jenis buah mempunyai kemampuan menurunkan darah tinggi. Karena setiap buah memiliki nutrisi yang berbeda-beda. Sehingga manfaatnya pun akan berbeda-beda pula. Adapun buah-buahan yang bisa menurunkan darah tinggi di antaranya berikut ini.

1. Belimbing

Belimbing merupakan satu di antara banyaknya jenis buah yang bisa menurunkan darah tinggi dengan aman. Belimbing bisa menurunkan darah tinggi bila dikonsumsi 1-2 buah per harinya secara rutin. Buah ini bisa juga Anda olah menjadi jus yang dicampur dengan madu asli.

2. Apel

Apel juga menjadi rekomendasi untuk dijadikan sebagai jus penurun darah tinggi karena nutrisi yang terkandung di dalam apel bisa menurunkan tekanan darah serta bisa melancarkan aliran darah yang tersumbat. Apel bisa diolah menjadi jus yang menyegarkan.

3. Mengkudu

Meski mempunyai rasa yang pahit dan aroma yang tak sedap, tapi mengkudu mengandung berbagai zat penting yang bisa mengatasi darah tinggi dengan cepat bila dikonsumsi secara rutin. Agar terhindar dari bahaya mengkudu untuk kesehatan, konsumsi satu kali sehari.

4. Pisang

Salah satu manfaat pisang yang paling membanggakan adalah bisa menuntaskan masalah tekanan darah tinggi. Pisang bisa dimakan secara langsung atau bisa juga diolah menjadi jus.

5. Semangka

Semangka adalah jenis buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air dan nutrisi yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Semangka dapat Anda olah menjadi jus sehat yang bisa dikonsumsi di siang dan sore hari sebelum makan.

6. Sirsak

Buah dengan citarasa yang khas ini memiliki nutrisi yang bisa menyembuhkan darah tinggi. Sirsak bisa dijadikan jus harian. Anda bisa menambahkan madu ke dalam jus sirsak untuk memperkaya rasa.

7. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk menstabilkan tekanan darah serta mampu mengatasi tekanan darah tinggi. Stroberi bisa dijadikan sebagai jus yang bisa Anda campurkan dengan madu atau susu rendah lemak sesuai selera.

8. Tomat

Tomat juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk memanfaatkannya, cukup olah menjadi jus. Manfaatnya akan meningkat jika digabungkan bersama daun bayam dan juga wortel.

9. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam jeruk nipis, membuat buah yang satu ini bisa bertindak sebagai antioksidan dan bisa mengatasi tekanan darah tinggi saat dikonsumsi dua kali sehari secara rutin. Jeruk nipis bisa diambil sarinya, kemudian digabungkan bersama madu atau gula aren.

10. Anggur

Meski buah anggur memiliki kandungan alkohol, tapi bila pengonsumsiannya tidak lebih dari 2 kali sehari maka dapat menjadi buah yang sehat untuk menurunkan darah tinggi. Buah ini bisa dimakan langsung atau bisa dibuat menjadi jus yang tidak memerlukan penambahan madu atau bahan apapun. Untuk mencegah bahaya anggur, maka konsumsi jus anggur ini 1-2 kali sehari.

Itulah 10 Buah untuk Penderita Darah Tinggi yang perlu Anda ketahui. Deretean buah tersebut cukup mudah ditemukan dengan harga terjangkau bukan?

Posted by ensiklopediaviva.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat via WhatsApp